Tanda Perubahan

Siang yang panas, enggan keluar dari kantor nyaman yang sejuk ini. Ngobrol ngalor ngidul dengan beberapa teman, yang berujung diskusi intens tentang mencairnya gletser di muka bumi. Global warming, gejala alam biasa ? atau justru fenomena mengerikan yang perlahan menggerogoti kenyamanan bumi ini?!

Aliran lelehan es tercurah dari lapisan es Greenland. Dalam dunia yang semakin panas, pelelehan es memang sudah diperkirakan. Yang mengejutkan adalah tingkat kelajuannya. Walaupun kecil kemungkinannya terjadi di abad ini, keruntuhan es baik di Greenland maupun Antartika akan menaikkan permukaan air laut setinggi 6 meter dan menenggelamkan banyak garis pantai.

Menurut saya, selama jumlah CO2 tetap naik, suhu juga kan meningkat. Tak perlu model komputer abad 21 untuk tahu hal itu. Cukuplah fisika kuno abad ke-19.

Semua telah terjadi. Gletser yang mencair, gelombang panas, naiknya permukaan laut, pepohonan berbunga lebih awal, danau yang membeku lebih lambat, burung – burung pengelana yang menunda penerbangannya ke selatan.

Well, tanda – tanda perubahan iklim ada di mana –mana dan dunia di sekeliling kita berubah cepat. Pemanasan global juga paling berdampak pada berbagai spesies di kutub. Berkurangnya es di laut secara khusus telah menjadi tanda bahaya bagi beruang kutub yang bergantung pada lempeng es untuk berburu, beristirahat dan bepergian.

Realita yang ada pun menjadi semakin jelas.

Kita tidak dapat memutar waktu ke belakang

Comments

Popular Posts