Hotdog Bali

Hotdog, penganan kultur impor yang notabene bikin ketagihan ketika standar hidup serba instan masuk dalam tatanan tradisional masyarakat. Saya masih inget, waktu SD dulu dengan uang jajan 200 perak, paling banter cuma bisa beli gorengan plus es kenyot di warung sekolah. Lha sekarang, anak SD belinya soft drink ato pop ice plus hotdog ato burger.. weleh, weleh cepet banget dunia berubah, alamat saya bener2 mulai beranjak tua, hehehe...

Beberapa waktu lalu ketika ‘berlibur’ ke Bali, jadi liburan kebetulan yang indah, manakala sempat mampir ke rumah kawan sekantor, yang kebetulannya lagi, sedang pulang untuk merayakan hari raya Galungan. Lewat jadwal yang rada padat, berempat dengan teman yang lain, sukseslah mencuri waktu menuju ke sana.
Datang ketika malam menjelang, remang-remang, masuk rumah antik dan berseni khas Bali, jadi kesan tersendiri untuk saya. Sumpeh, seumur hidup baru ini bener-bener masuk rumah adat Bali.
Seneng, terkagum – kagum, merinding, mistik tapi tetep aja jadi ajang foto – foto bergaya narsis..
Disambut hangat keluarga asli Bali membuat batin merasa terenyuh, saya yang orang Jawa, muslim, tetap disambut dengan keramahan yang luar biasa...jauh dari kesan rasisme yang sempat saya kuatirkan. Huah, melankolis yang nggak berlangsung lama manakala penganan khas mulai dikeluarkan

‘Dicoba Fa, ini enak banget lho. Khas Bali, anak saya sering kangen makan ini, di Semarang nggak ada, ayo dicoba, kita sebut ini Hotdog Bali’. Dengan kasih dan ketulusan, disodorkan hotdog Bali nan lezat itu ke tangan saya..

Gubrak,
makan tidak..makan tidak... huaaaaa....

Hotdog Bali ini ternyata nggak sama dengan yang pernah saya makan selama ini. Bukan roti berisi sayur, saus pedas dan sosis sapi kegemaran saya. Penganan ini nggak lain nggak bukan, pisang ambon segar dibungkus tepung manis... Walah, saya kan nggak suka pisang ambon...apalagi yang masih segar tanpa di goreng, baunya bisa bikin pusing tujuh keliling. Tapi bisa masuk juga 2 gigitan di gelontor teh manis...huah....

Well, ini lho kekhasan lain negeri kita, mungkin orang Jawa tulen kayak saya ini khususnya. Ewuh pakewuh, sangat menghargai dan tidak ingin mengecewakan orang lain kadangkala jadi blunder. Makanya, kadang musti belajar untuk say no, kalo memang ogah alias nggak mau...

Saya jadi inget temen kuliah S1 saya dulu, Bukhori namanya.
Dia yang orang Batak tulen, kadang komplain dengan sikap ‘halus’ saya. Katanya saya sebagai orang Jawa itu payah. Terlalu banyak main perasaan dan kurang bisa mengemukakan pendapat secara gamblang. Iya dibilang mungkin, nggak pun di bilang mungkin. Selalu tersenyum bila bahagia atopun susah.
Positif sih dia bilang, terkesan baik sebenarnya. Tapi kasus hotdog Bali toh jadi berkata lain..

Well, kamu bener pren..
Gara – gara pisang ambon, kliyeng kliyeng kepala ini...

Comments

Popular Posts