On obstacles

Saya ini tergolong orang yang detail, sistematis, rapi, agenda dan program jangka panjang selalu terencana, sampai – sampai setiap menghadapi perubahan rencana yang tak terduga diluar jangkauan (dan nggak ada kemungkinan untuk bikin penyesuaian) bisa bikin kelabakan luar biasa. Pwuff, saat – saat itu bisa bikin saya pusing tujuh keliling dan mual - mual..

Setahun belakangan ini saya semakin banyak belajar kalau hidup ini nggak selurus dan sesempurna yang saya rencanain. Nggak semua hal di dunia ini bisa diandelin untuk ngikutin 'rencana' yang udah susah-susah dibikin. Banyak hal yang sebenarnya berada di luar pengendalian kita. Kadang datang jauh – jauh hari sehingga kita bisa mengatur rencana yang tiba – tiba berubah, tapi kadang juga datang tanpa permisi hingga bikin bubrah semuanya.

Yah makin kemari saya jadi makin banyak belajar. Rintangan – rintangan itu kadang seperti sudah diatur Yang Kuasa untuk kita, jauh lebih baik dari rencana yang sudah kita atur sendiri. Sometimes, segala bentuk spontanitas memang terasa lebih sarat makna. Membuat kita bergesa melangkah maju, hanya untuk melihat tikungan apa lagi yang menunggu di depan..

Comments

Popular Posts